Selasa, 07 Desember 2010

Pendidikan Karakter

Tujuan pendidikan salah satunya adalah membentuk pribadi yang utuh, dari pribadi yang belum tahu menjadi tahu, dari pribadi yang belum mampu menjadi mampu, menjadikan generasi yang cerdas, baik cerdas dalam pikiran, skill, perbuatan maupun nurani-nya.

Cerdas dalam pikiran dan skiil dapat dilatih dengan terus menerus, dengan remidi, dengan latihan secara berkala, maka kemampuan tersebut (insyaAllah) dapat dicapai.

Cerdas dalam perbuatan dan nurani juga perlu dilatihkan kepada peserta didik, karena apalah artinya cerdas dalam pikiran dan skill tetapi tidak cerdas dalam perbuatan dan nuraninya.

Karena, .... ....
jika kita mendidik anak didik kita hanya cerdas pikiran dan skill tetapi tidak cerdas dalam perbuatan dan nuraninya, maka akan melahirkan generasi yang kerdil, tidak cerdas dalam sosial, tidak peduli kepada sesama, tidak mau mendengarkan keluhan oranglain,

Oleh karena itu PENTING ...

kita mendidik anak didik kita dengan contoh perbuatan yang baik, nurani yang ikhlas, sehingga mereka kelak akan lahir sebagai generasi bangsa yang Cerdas dalam pikiran, skill, perbuatan maupun nuraninya.
kalau kelak mereka menjadi pemimpin, maka diharapkan menjadi pemimpin yang amanah.
kalau kelak mereka menjadi pejabat, maka diharapkan menjadi pejabat yang amanah.

atau apapun profesi mereka, mereka menjadi generasi yang HEBAT, SHOLEH, hebat dan sholeh dalam pribadi dan sosial. semoga

Suwarsono Abdurrouf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar